Jenis-jenis VPS Hosting

Jenis-jenis VPS Hosting

Anda mungkin pernah melihat istilah produk vps murah yang berbeda selama penelitian Anda lihat artikel ini:

Cloud VPS
Cloud Server
VPS Managed
VPS yang dikelola sendiri
VPS Unmanaged
Meskipun masing-masing dari lima istilah tersebut mungkin tampak seperti produk yang berbeda, dalam kasus ini hanya ada dua: terkelola atau tidak terkelola.

Hosting VPS Managed
VPS managed, terkadang ditekankan sebagai VPS terkelola “sepenuhnya”, menggunakan perangkat lunak administrasi server yang telah diinstal sebelumnya pada OS yang telah ditentukan. Biasanya WHM dan cPanel, perangkat lunak administrasi sistem (sysadmin) yang paling populer, di server CentOS. Ini kadang-kadang disebut cPanel VPS Hosting. Tetapi ada perusahaan web hosting Linux yang menggunakan Plesk, DirectAdmin, atau Virtualizor sebagai gantinya.

Terlepas dari OS yang mendasari dan perangkat lunak sysadmin, pemeliharaan server inti dan tanggung jawab manajemen terletak pada penyedia hosting termasuk:

Dukungan teknis
Pemantauan server
Perlindungan malware
Perlindungan Denial of Service (DoS)
Pembaruan OS dan perangkat lunak sysadmin yang telah diperiksa
Sebagian besar perusahaan menawarkan dukungan melalui email, obrolan langsung, atau panggilan telepon. Jika Anda memiliki masalah yang mempengaruhi kinerja server, Anda dapat menghubungi perusahaan hosting Anda untuk bantuan teknis.

Hosting VPS (Cloud) Unmanaged
Empat istilah lainnya dari daftar yang disebutkan di atas memiliki arti yang sama – tidak ada perangkat lunak yang dipasang sebelumnya untuk mengelola VPS. Itu tidak terkelola. Terkadang disebut server cloud karena kosong dan fleksibel. Anda biasanya akan memiliki opsi untuk mengatur ulang server antara setidaknya rilis dukungan jangka panjang (LTS) CentOS, Debian, dan Ubuntu terbaru.

Tugas manajemen server inti sekarang menjadi tanggung jawab Anda. Namun server Anda membutuhkan lebih sedikit sumber daya untuk menyediakan dan memelihara. Oleh karena itu, server cloud umumnya lebih murah daripada paket hosting VPS terkelola yang menyertakan lisensi untuk perangkat lunak perusahaan seperti cPanel. Ini membutuhkan keterampilan tingkat lanjut dalam:

Antarmuka baris perintah Linux (CLI)
Secure Shell (SSH)
Informasi keamanan dan manajemen acara (SIEM)
Manajemen perangkat lunak server web (misalnya Apache, Nginx, Lighttpd)
Disaster Recovery (DR), khususnya backup dan manajemen snapshot
Karena alasan ini, umumnya hanya disarankan untuk pengguna yang mampu dan bersedia menyelesaikan masalah apa pun yang dianggap khusus untuk VPS mereka. Karena itu, ini memungkinkan penyesuaian dan kontrol yang lebih besar atas sistem dan sering kali disukai oleh pengembang web dan sysadmin yang berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *